Newsroom

gal_6269edacbad1c7-03830207-22749206.jpeg

akurat.co - 28/04/2022
Kiat Jaga Keamanan Data Pribadi Ala VIDA

CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto membagikan kiat untuk menjaga keamanan data pribadi bagi pengguna dan platform digital.

kemanan-data.webp

selular.id - 28/04/2022
Pencurian Data Kembali Marak, Vida beri Resep Jaga Keamanan Data

Bersamaan dengan memperingati Hari Konsumen Nasional, CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto, mengungkap bahwa membangun kepercayaan antar platform dan pengguna itu penting.

pexels-pixabay-60504-1.jpg.webp

antaranews.com - 28/04/2022
Kiat jaga keamanan data pribadi bagi pengguna dan platform digital

Deputy Secretary General IV & Head of Personal Data Protection Task Force di Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH), serta CEO dan Co-Founder VIDA Sati Rasuanto...

kaspersky_lab_135311_small.webp

wartaekonomi.co.id - 27/04/2022
Waspada Kejahatan Siber, VIDA Tekankan Pentingnya Digital Trust Dalam Transaksi Online

Melansir dari siaran resminya, Rabu (27/04) CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan "Dalam dunia online, VIDA percaya bahwa trust adalah aspek paling krusial...

obc0r4exif.jpeg

digitaldonat.republika.co.id - 27/04/2022
Selalu Ingat, Aturan Dasar Menjaga Data Pribadi

CEO dan Co-Founder VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan, dalam dunia daring, VIDA percaya, trust adalah aspek paling krusial.

VIDAXDocusign.jpg

investor.id - 17/02/2022
VIDA Jalin Kerja Sama dengan DocuSign

PT Indonesia Digital Identity (VIDA), penyelenggara sertifikasi elektronik (PSE), atau certification authority (CA), bersama penyedia layanan tanda tangan elektronik (TTE) global DocuSign, resmi mengumumkan kemitraannya.

VIDA_DocuSign.jpeg

dailysocial.id - 17/02/2022
Tanda Tangan Elektronik VIDA Kini Terintegrasi dengan DocuSign

VIDA mengumumkan kerja sama dengan penyedia layanan tanda tangan elektronik global DocuSign. Kemitraan ini memberikan pilihan bagi pengguna tanda tangan elektronik DocuSign di Indonesia untuk menandatangani dokumen dengan verifikasi identitas online yang aman dan berkekuatan hukum.

11.png.webp

antaranews.com - 17/02/2022
VIDA-DocuSign kuatkan layanan tanda tangan elektronik di Tanah Air

Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di Indonesia, VIDA, menjalin kolaborasi bersama PSrE internasional Docusign untuk menguatkan tanda tangan elektronik bagi masyarakat hingga perusahaan di Tanah Air.

VIDA_DocuSign.jpeg

swa.co.id - 18/02/2022
VIDA dan DocuSign Berkolaborasi Sediakan Tanda Tangan Elektronik

PT Indonesia Digital Identity (VIDA), Penyelenggara Sertifikasi Elektronik (PSrE) atau Certification Authority (CA) yang berinduk di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, bersama penyedia layanan Tanda Tangan Elektronik (TTE)  DocuSign, resmi mengumumkan kemitraannya. 

1084253_720.jpeg

tempo.co - 28/01/2022
VIDA Jamin Keamanan Identitas Digital

Dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap berbagai sektor digital, keamanan digital menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Co-Founder dan CEO VIDA, Sati Rasuanto menjelaskan kepercayaan digital (digital trust) adalah hal yang fundamental bagi pelaku bisnis digital. 

FintechShutterstockam.jpg.webp

antaranews.com - 28/12/2021
AFTECH sebut pentingnya kepercayaan digital bagi pelaku bisnis digital

Deputi Secretary General IV & Head of The Personal Data Protection Task Force Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) serta Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto mengatakan kepercayaan digital (digital trust) merupakan hal yang fundamental bagi pelaku bisnis digital.

16850-data-pribadi.jpeg

suara.com - 27/12/2021
Tanpa Pelindungan Data Pribadi, Industri Digital Tak Akan Tumbuh

Founder dan CEO VIDA, Sati Rasuanto mengatakan pelindungan data pribadi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan industri digital. Ia bahkan mengatakan bahwa tanpa kepercayaan digital maka industri tidak akan tumbuh.

siberr-3.jpeg

teknologi.bisnis.com - 27/12/2021
VIDA Tekan Kejahatan Siber Lewat Pengamanan Identitas Digital

Co-Founder dan CEO VIDA Sati Rasuanto beralasan pencurian identitas merupakan pintu masuk bagi kejahatan siber lainnya seperti pencurian data, transaksi ilegal, penyanderaan digital, hingga pemalsuan dokumen.

ilustrasi-hacker-1_169.jpeg

cnnindonesia.com - 27/12/2021
Perlindungan Data Pribadi Jadi Kunci Pertumbuhan Digitalisasi RI

Co Founder dan CEO Indonesia Digital Identity (VIDA), Sati Rasuanto mengatakan perlindungan data pribadi dan kepercayaan digital atau digital trust merupakan hal paling mendasar bagi pertumbuhan bisnis digital.

VIDA_CEO_Sati-Rasuanto.jpg

thejakartapost.com - 1/12/2021
Aftech launches data protection ethics code highlighting user consent

Aftech data protection task force head Sati Rasuanto said the code obliged tech companies to ensure the safety and confidentiality of users’ data. Mechanisms for handling violations or abuse, data deletion or renewal, and requests from government agencies were also included in the code.

VIDA_Sati.jpg

koran.tempo.co - 22/11/2021
Chief Executive Officer VIDA, Sati Rasuanto: Kesuksesan Pada Rasa Percaya

Bisnis identitas digital, seperti tanda tangan digital,  relatif baru dikenal di Indonesia daripada sektor lain. Padahal nilanya sangat besar. Berdasarkan data dari Statista, potensi pasar dari identitas digital secara global akan tumbuh dari US$ 23,3 miliar (sekitar Rp 331 triliun) pada 2020 menjadi US$ 49,5 miliar (sekitar Rp 704 triliun) pada 2026.

VIDA-Swa.jpg

swa.co.id - 25/11/2021
Tandatangan Digital Mendorong Produktivitas Perusahaan

Penggunaan tanda tangan elektronik (TTE) meningkat selama pandemi. Selain praktis, TTE dianggap lebih aman, hemat, dan legal. VIDA, penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) adalah salah satu yang telah memiliki lisensi di bawah Kominfo untuk penerbitan sertifikat eletronik, juga mendukung transisi digital ini. 

VIDA-Antara.jpg

merdeka.com - 23/11/2021
Lewat Tanda Tangan Digital, 91 Persen Orang sebut Kerja Jadi Lebih Efisien

Merdeka.com - Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur mengatakan, tren penggunaan tanda tangan digital terus meningkat dengan pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. Mengutip dari riset Adobe menunjukan bahwa saat ini pekerja memiliki ekspektasi yang lebih tinggi terhadap teknologi untuk pekerjaan yang lebih efisien dan efektif.

VIDA-RCTIPLUS.jpg

rctiplus.com - 22/11/2021
Tren Digital Terus Meningkat, VIDA Hadirkan PSrE Aman dan Mudah

Tren penggunaan tanda tangan digital terus meningkat dengan pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. VIDA, salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) siap menjawab kebutuhan ini melalui tanda tangan elektronik bersertifikat yang aman, mudah digunakan, dan mengikat secara hukum.

VIDA-Antara.jpg

hitekno.com - 22/11/2021
VIDA: Identitas Digital yang Aman Makin Dibutuhkan di Dunia Kerja

Hitekno.com - Tren pemakaian tanda tangan digital makin meningkat dalam pergeseran dunia kerja yang menjadi serba digital. VIDA menjadi salah satu Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) yang hadir menjawab kebutuhan.

VIDA---Uzone.jpg

uzone.id - 21/11/2021
Aman dan Praktis, Tren Tanda Tangan Elektronik Makin Meningkat

Uzone.id - Tren tanda tangan elektronik mulai berkembang di Indonesia. Selain praktis, tanda tangan elektronik juga dianggap lebih aman, hemat dan juga legal. Melihat pertumbuhan digital yang semakin meningkat beberapa tahun terakhir serta tren kerja jarak jauh yang masih diterapkan, tren penggunaan tanda tangan elektronik menunjukkan pertumbuhan yang meningkat.

VIDA-Gizmologi.jpg

gizmologi.id - 21/11/2021
Dorong Identitas Digital Aman, VIDA Tekankan Keamanan Tanda Tangan Elektronik Bersama Adobe & Microsoft

Jakarta, Gizmologi – Dengan berkurangnya tatap muka secara fisik selama pandemi COVID-19 berlangsung, budaya kerja juga harus berubah agar bisa tetap berlangsung. Cara awal untuk melakukan proses ‘peresmian’ dokumen dengan tanda tangan juga dialihkan dalam bentuk digital, yang tentunya tak boleh sembarangan.

VIDA-Akurat.jpg

akurat.co - 19/11/2021
VIDA Jamin Tanda Tangan Elektronik Aman Digunakan di Adobe dan Microsoft

AKURAT.CO VIDA, salah satu pionir Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) di Indonesia bersama Adobe dan Microsoft mengadakan diskusi virtual berjudul, “Leveraging Legally Binding Digital Signatures to Optimize Secure Remote Onboarding and Automated Document Workflows.”

VIDA-infokomputer.jpg

infokomputer.grid.id - 19/11/2021
VIDA Dorong Perubahan Budaya Kerja Lewat Identitas Digital yang Aman

Pandemi COVID-19 telah mengubah budaya kerja kita, termasuk cara kita dalam menangani dan mengesahkan dokumen. Penggunaan tanda tangan elektronik pun meningkat walau interaksi tatap mulai kembali. Tanda tangan elektronik dianggap lebih aman, praktis, hemat dan legal sehingga dapat membantu meningkatkan produktivitas kerja.

VIDA-CNN.jpg

cnnindonesia.com - 17/11/2021
Bisnis Startup Garap Kelola Tanda Tangan Elektronik Terhubung Dukcapil

Jakarta, CNN Indonesia -- Tanda tangan elektronik kian digandrungi sebagian masyarakat di era digital. Kini ada perusahaan rintisan yang bekerja khusus sebagai pengelola tanda tangan elektronik yang terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), yaitu VIDA.

VIDA-medcom.jpg

medcom.id - 08/11/2021
Optimalisasi Perlindungan Data Diri Jadi Kunci Mengembalikan Kepercayaan Masyarakat kepada Fintech

Jakarta: Komitmen untuk memberantas fintech ilegal terus disuarakan pemerintah, asosiasi dunia usaha, serta pelaku industri fintech. 

VIDA-Liputan6.jpg

Liputan6.com - 06/11/2021
Identitas Digital yang Aman Kembalikan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Fintech

Liputan6.com, Jakarta - Dunia usaha, pelaku industri fintech, dan pemerintah saat ini tengah gencar-gencarnya memberantas platform financial technology (fintech) ilegal.

VIDA-Antara.jpg

suara.com - 05/11/2021
Upaya VIDA dan ICSF Dalam Melindungi Privasi dan Keamanan Data Pengguna

Komitmen VIDA dan ICSF untuk memberantas pelaku penyalahgunaan data pribadi masyarakat. Hal ini diikuti upaya meningkatkan edukasi bagi masyarakat untuk mengenali Fintech Peer to Peer Lending (P2PL).

VIDA-detik.jpg

inet.detik.com - 05/11/2021
PSE Dituntut Bertanggung Jawab dan Kompeten Jaga Data Pengguna

Jakarta - Kasus kebocoran data dalam beberapa tahun terakhir terjadi di Indonesia. Agar tak terulang, penyelenggara sistem elektronik (PSE) dituntut lebih bertanggung jawab dan meningkatkan kompetensinya dalam menjaga keamanan data penggunnya.

VIDA-Katadata.jpg

Katadata.co.id - 04/11/2021
Pencurian Data Rawan Terjadi saat Tanda Tangan Digital Naik 350%

Aktivitas tanda tangan digital rentan pencurian data, karena menyimpan data berharga, seperti perjanjian kerja sama hingga persetujuan pinjaman. Itu menjadi target para pelaku kejahata siber

VIDA-Antara.jpg

Antaranews.com - 04/11/2021
Penyelenggara Fintech Harus Keamanan identitas digital tingkatkan kepercayaan pada tekfin

JAKARTA (ANTARA) - Deputy Secretary General IV & Head of Personal Data Protection Task Force Indonesian Fintech Association (AFTECH) Sati Rasuanto mengatakan identitas digital yang aman dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap tekgfin (fintech) dan optimisme terhadap ekonomi digital nasional

VIDA-Kompas.jpg

Kompas.com - 04/11/2021
Penyelenggara Fintech Harus Tingkatkan Keamanan Data Pengguna

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri financial technology (fintech) lending atau pinjaman online (pinjol) tengah menjadi sorotan banyak pihak. Hal ini seiring dengan gencarnya upaya berbagai pihak dalam pemberantasan pinjol ilegal.

VIDA - The age of Digital Signature is here,  5 things you should know about it.jpeg

Antaranews.com - 26/10/2021
Serba-serbi tanda tangan elektronik yang sah dan berkekuatan hukum

Jakarta (ANTARA) – Seiring bergesernya gaya hidup digital dan pandemi, tanda tangan elektronik (TTE) kian menjadi alternatif yang populer dan makin umum digunakan dalam penanganan dan otorisasi dokumen.

VIDA - tribunnews.png

Tribunnews.com - 25/10/2021
Mengenal Seluk-beluk Tanda Tangan Elektronik, Pahami Manfaatnya Agar Tidak Salah Kaprah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tanda tangan elektronik (TTE) kini makin populer digunakan masyarakat untuk kebutuhan otentifikasi dokumen-dokumen digital.

Screen Shot 2021-09-17 at 12.27.32.png

Techinasia.com - 13/09/2021
Monk’s Hill, Alpha JWC, Jungle Investasi di Startup Autentikasi Digital VIDA

id.techinasia.com – Startup penyedia layanan verifikasi identitas, PT Indonesia Digital Identity (Vida), meraih pendanaan dengan jumlah yang tidak dipublikasikan dari Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’s Hill Ventures. 

All-About-VIDA.jpg

Marketing.co.id - 13/09/2021
VIDA Raih Pendanaan Pra-Seri A dari Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’S Hills Ventures

Marketing.co.id – Berita Digital | PT Indonesia Digital Identity (VIDA) mengumumkan pendanaan pra-seri A dari investor terkemuka yang dipimpin oleh Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk’s Hill Ventures. Dengan perputaran pendanaan ini, perusahaan akan fokus pada ...

Screen Shot 2021-09-17 at 12.12.43.png

DailySocial.id - 13/09/2021
VIDA Kantongi Pendanaan Pra-Seri A, Fokus Perluas Ekosistem Indentitas Digital

VIDA, platform pengembang solusi verifikasi identitas, tanda tangan elektronik, dan kredensial digital mengumumkan perolehan pendanaan pra-seri A dari investor yang dipimpin oleh Jungle Ventures, Alpha JWC Ventures, dan Monk's Hill Ventures. Tidak disebutkan nominal dana yang diberikan.

4086652412.jpeg

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM meresmikan kerjasama dengan Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) sebagai perusahaan Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE), untuk mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat dan terjangkau bagi pelaku UMKM.

VIDA-KemenkopUKM-GrabIndonesia.jpg

Mediacom.id - 27/05/2021
KemenkopUKM Terus Dorong Digitalisasi UMKM

Jakarta: Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi pelaku UMKM.  Hal itu dilakukan dengan ...

VIDA-GRAB-KEMENKOP-REPUBLIKA.jpg

Republika.co.id - 27/05/2021
Dorong Digitalisasi UMKM, Kemenkop Gandeng Grab dan VIDA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) meresmikan kerja sama dengan Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA). Kerja sama itu bertujuan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi ...

VIDA-GRAB-KEMENKOPUKM.jpg

Tempo.co - 27/05/2021
Grab Akan Terima 200 Ribu UMKM Binaan Kementerian Koperasi dan UKM Jadi Mitra

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat, dan terjangkau bagi pelaku UMKM.

VIDA---Grab---KemenkopUKM.jpg

Antaranews.com - 26/05/2021
KemenkopUKM gandeng Grab dan VIDA dorong digitalisasi UMKM

JAKARTA (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM menggandeng Grab Indonesia dan PT Indonesia Digital Identity (VIDA) untuk mendorong digitalisasi dan mengembangkan proses bisnis yang lebih aman, cepat dan terjangkau bagi pelaku UMKM.