Menjalankan Bisnis yang Lebih Efektif di Tahun 2021 Dengan Tanda Tangan Elektronik


Tanda tangan elektronik memberikan manfaat bagi dunia bisnis dan menjadikannya lebih efektif

Bisnis dan inovasi merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan karena satu sama lain saling mempengaruhi dan membutuhkan. Seperti di masa pandemi virus corona misalnya, jika bisnis ingin tetap bisa berjalan dengan baik, bisnis harus berinovasi. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis dengan lebih efektif meski berbagai pekerjaan harus dikerjakan dari rumah.


Tahun 2021 merupakan momen penting bagi bisnis di seluruh dunia untuk melakukan inovasi. Setelah melewati tahun yang penuh ketidakpastian, tahun ini bisa menjadi tahun untuk membuka cara berbisnis yang baru. Perusahaan dan karyawan tidak lagi canggung untuk melakukan bisnis dari rumah. Bekerja secara berjarak dan melakukan segalanya secara digital termasuk seperti menggunakan tanda tangan elektronik untuk kesepakatan bisnis.


Tanda tangan elektronik merupakan inovasi yang semakin penting di era saat ini. Bukan hanya karena pandemi yang memaksa setiap pekerja untuk menggunakan teknologi digital, tetapi karena tanda tangan elektronik memberikan banyak manfaat bagi praktek bisnis yang lebih efektif.


Resesi mengakibatkan skala bisnis mengecil. Pengurangan aktifitas membuat jumlah pegawai menurun. Namun itu bukan berarti produktifitas dan performa perusahaan harus turut menurun. Dengan teknologi digital seperti tanda tangan elektronik, setiap aktifitas bisnis harus tetap efisien, efektif dan mudah dilakukan.


Keuntungan Menggunakan Tanda Tangan Elektronik


Keuntungan dari menggunakan tanda tangan elektronik misalnya adalah seperti, bisnis Anda tidak perlu lagi untuk menghabiskan waktu menyerahkan dokumen kesepakatan ke pihak kedua atau partner. Anda cukup mengirimkan berkasnya secara digital melalui internet dan seketika dokumen sudah ditinjau dan ditanggapi.


Tanda tangan elektronik juga mampu memberikan efisiensi pada aspek biaya. Tanda tangan elektronik bisa menghemat biaya Anda untuk melakukan cetak dokumen. Seperti dilansir Docusign, dijelaskan bahwa tanda tangan elektronik akan membuat bisnis terhindar dari biaya tidak terlihat akibat kesalahan manusia pada pengerjaan kesepakatan. Selain itu, tanda tangan elektronik juga membuat bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya rata-rata sebesar $36 untuk setiap dokumen kesepakatan yang berhasil diselesaikan.


Kolaborasi merupakan salah satu bentuk dari praktek bisnis yang efektif. Dengan tanda tangan elektronik, kolaborasi antar pegawai di perusahaan juga bisa terjadi karena dokumen tidak lagi perlu untuk dicetak fisik. Evaluasi dan timbal balik bisa pada dokumen digital dan ketika finalisasi terjadi dokumen juga tetap dalam bentuk digital.


Ada begitu banyak manfaat dari tanda tangan elektronik yang bisa digunakan bisnsi untuk melakukan inovasi di tahun 2021. Itu sebabnya Anda perlu untuk mempertimbangkan dan mulai untuk mengatur bagaimana melakukan bisnis yang lebih efektif dengan tanda tangan elektronik.


Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah dengan menyusun kebijakan perusahaan agar mengakomodir penerapan tanda tangan elektronik. Penggunaan tanda tangan elektronik memerlukan kebijakan perusahaan yang tepat karena hal ini akan memengaruhi begitu banyak aspek perusahaan.


Untuk mewujudkan praktek penggunaan tanda tangan elektronik yang baik, Adobe Sign menyarankan bahwa perusahaan perlu untuk membuat setidaknya empat panduan: panduan jenis-jenis kesepakatan yang dapat ditandatangani menggunakan tanda tangan elektronik; cara terbaik untuk menggunakan tanda tangan elektronik di perusahaan; penyebutan berbagi variasi bentuk tanda tangan; dan menjelaskan di wilayah mana saja tanda tangan elektronik bisa digunakan.


Selanjutnya ketika kebijakan perusahaan telah disusun, Anda bisa mulai untuk mencari penyedia layanan tanda tangan elektronik yang telah tersertifikasi. Penyedia layanan tanda tangan elektronik tersertifikasi adalah penting untuk menjamin tanda tangan elektronik dapat diakui secara hukum.


Dari penjelasan di atas Anda bisa perhatikan bagaimana tanda tangan elektronik menjadi sebuah inovasi yang penting untuk dilakukan di tahun 2021. Tidak hanya bermanfaat untuk menyelamatkan perusahaan dari badai krisis pandemi tetapi juga dapat membuat bisnis Anda semakin efektif dengan sumber daya yang terbatias. Anda bisa melangkah menuju bisnis yang lebih efektif dengan menggunakan tanda tangan elektronik mulai sekarang.




Baca juga: Manfaat Tanda Tangan Elektronik Bagi UMKM